Blog Gw

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN NY. S DENGAN DIABETES MELLITUS DI RUANG KHOTIJAH RUMAH SAKIT XXX



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Diabetes Mellitus merupakan suatu keadaan hiperglikemia yang ditandai oleh keadaan absolute insulin yang bersifat kronik yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat. Protein dan lemak yang disebabkan oleh sebuah ketidak seimbangan atau ketidak adanya persediaan insulin atau tak sempurnanya respon seluler terhadap insulin ditandai dengan tidak teraturnya metabolisme.
Penyakit diabetes mellitus ini banyak dijumpai di Amerika Serikat. Penderita diabetes mellitus sekitar 11 juta atau 6% dari populasi yang ada dan diabetes mellitus menduduki peringkat ketiga setelah jantung dan kanker  Sedangkan di Indonesia penderita diabetes mellitus ada 1,2 % sampai 2,3% dari penduduk berusia 15 tahun. Sehingga diabetes mellitus tercantum dalam urutan nomor empat dari proses prioritas pertama adalah penyakit kardiovaskuler kemudian disusul penyakit serebro vaskuler, geriatric, diabetes mellitus, reumatik dan katarak sehingga diabetes mellitus ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. (Donna D. ignativius, 1993).
Dalam proses perjalanan penyakit diabetes mellitus dapat timbul komplikasi baik akut maupun kronik komplikasi akut dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat antara lain ketoasidosis. Hiperosmolar non ketotik koma dan toksik asidosis. Sedangkan komplikasi kronik timbul setelah beberapa tahun seperti mikroangiopati, neuropati, nefropati dan retinopati dan makro angiopati kardiovaskuler dan peripheral vaskuler. (Brunner & Suddarth, 2000).
Perawatan secara umum untuk penderita diabetes mellitus diit, olah raga, atau latihan fisik dan obat hiperglikemia (anti diabetic) dan untuk olah raga atau latihan fisik yang dianjurkan pada penderita diabetes mellitus itu meliputi latihan ringan yang dapat dilakukan ditempat tidur untuk. penderita di rumah sakit latihan ini tidak memerlukan persiapan khusus cukup gerak ringan diatas tempat tidur kurang lebih 5 sampai 10 menit misalnya menggerakkan kedua tangan, ujung jari, kaki dan kepala. Selain itu bisa dilakukan senam, senam ini harus disertai dengan kemampuan ini harus disesuaikan dengan kemampuan kondisi penyakit penyerta.
Didalam perawatan penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang memerlukan perawatan dan penanganan seumur hidup. Maka banyak klien yang keluar masuk rumah sakit. Oleh karena itu peran perawat sangat diharapkan tidak hanya terhadap keadaan fisik klien tetapi juga psikologis klien juga perawat diharapkan dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada klien tentang tentang pentingnya kepatuhan klien terhadap klien dan perawat dengan tidak mengesampingkan aspek asuhan keperawatan yang lain.

B.     Tujuan Penulisan

1.      Dengan menggunakan proses keperawatan
2.      Mampu melakukan upaya pemecahan masalah yang ada pada kasus pendekatan proses .Mampu memberikan Asuhan Keperawatan pada pasien secara benar dalam perawatan
3.      Mampu menggunakan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung serta mempermasalahkan yang muncul dari asuhan keperawatan yang diberikan 

Selengkapnya 




0 komentar:

Posting Komentar